(0)

Inilah 9 Tips Membuat Kamar Tidur Lebih Cerah
Info Terbaru | 14 Januari 2019
Bisnis.com, JAKARTA – Menghias kamar yang letaknya tidak mudah terkena sinar alami dari cahaya matahari karena terletak di lantai dasar, tidak berjendela, atau berukuran sempit memang tidak mudah. Namun, dengan dekorasi yang tepat bisa membuat kamar lebih nyaman dan menyenangkan.

Dikutip dari curbed.com, Minggu (13/1), penggunaan lampu hias yang dihadapkan ke cermin bisa membuat kamar yang sempit dan gelap lebih cerah dan bercahaya. Ini dia sembilan tipsnya.

Gunakan Lampu Besar
Jika ruangan tidak terlalu kecil dan masih bisa meletakkan hiasan berukuran besar, jangan ragu untuk menggunakan lampu besar seperti lampu gantung yang berdesain unik. Lampu tersebut nantinya tidak hanya menerangkan ruangan, tapi juga membuat ruangan terkesan lebih ceria.

Pintar Memilih Lampu
Tidak ada yang lebih menyedihkan dari lampu kamar yang redup, apalagi saat sedang ingin bersiap mengganti baju dan pergi. Agar cahaya di kamar lebih terang, pasang lamou berdekatan dengan cermin dan gunakan hiasan lampu yang tidak menghalangi cahaya agar kamar tidak terasa redup.

Pilih Lokasi Pemasangan Lampu yang Tepat
Selain lampu utama yang ada di langit-langit kamar, tambahkan lampu ekstra di beberapa titik strategis di sekitar kamar supaya kamar lebih terang. Alih-alih menggunakan lampu hias yang diletakkan di lantai, coba tambahkan lampu hias di dekat Kasur atau meja kerja.

Coba Gunakan Lampu Lengkung
Jika tidak ingin melubangi bagian plafon kamar, coba gunakan lampu busur yang bisa membuat cahaya terasa lebih dekat dan bisa membaut seluruh ruangan makin terang dan cerah.

Gunakan Hiasan Lampu Berbahan Selain Kain
Jika Anda menggunakan lampu gantung atau lampu hias yang dikelilingi kain, itu justru akan membuat cahaya terpusat menerangi satu titik saja. Selain itu, pelindung kain juga akan membuat cahaya lebih redup. Coba gunakan gantungan atau lampu hias berbahan kaca yang tidak menghalangi cahaya untuk berpendar, ini cara yang ampuh untuk membuat kamar lebih cerah.

Gunakan Cermin Besar
Desainer interior Chicago Olga Ratajski mengatakan bahwa menggantungkan cermin di ruangan yang redup bisa membuat ruangan tersebut lebih terang.

“Cermin memantulkan cahaya dan membuat ilusi kamar yang lebih luas,” kata Ratajski. Jika punya jendela di kamar, gantungkan cermin berhadapan dengan jendela supaya cahaya yang masuk dair jendela bisa terpantul di cermin.

Cat Langit-langit Kamar dengan Cat Glossy
Cat yang hasil akhirnya glossy atau mengkilap akan membuat cahaya lebih mudah memantulkan cahaya dari luar dibandingkan dengan menggunakan cat yang berhasil akhir matte.

Berani Mendekorasi Ruangan
Desainer interior Edyta & Co., Edyta Czajkowska menuturkan bahwa salah satu hal yang bisa membuat kamar yang redup agar lebih cerah adalah dengan menggabungkan beberapa aksen arsitektur atau warna supaya kamar lebih menarik dan cerah.

“Lampu hias yang diletakkan di langit-langit kamar atau rak buku yang dicat dengan warna terang akan memberikan kesan ruangan yang lebih cerah. Begitu pula dengan penggunaan wallpaper bercorak warna-warni yang membuat ruangan terasa lebih ceria dan nyaman,” paparnya.

Senada, desainer interior Agam Riadi mengatakan bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk lebih kreatif dalam mendekorasi kamar. Gabungkan beberapa gaya seperti modern dengan vintage yang menimbulkan kesan unik dan tetap cerah.

Gabungkan Gaya
Jangan membatasi diri dengan hanya menaruh satu lampu gantung atau lampu hias di kamar. Jika punya lebih banyak variasi lampu hias selain lampu utama, kamar akan terasa lebih nyaman.

“Jika ingin menghilangkan rasa suram dalam kamar yang cahayanya redup, gunakan pencahayaan dari berbagai sumber, seperti lampu sconce, lampu lantai, lampu meja, dan lampu hias lainnya,” kata Czajkowska.

Sumber: ekonomi.bisnis.com

Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 18 Februari 2019
Jurus Mengusir "Hawa" Tak Sedap di Rumah
KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasakan perbedaan "hawa" antara rumah satu dengan yang lain? Hal ini ternyata dipengaruhi beberapa hal, yang terkadang luput dari perhatian.Sebagai salah satu tempat utama bersantai, beristirahat, dan bercengkerama dengan keluarga, aroma rumah sebaiknya senantiasa wangi dan menenangkan. Apabila kondisi rumah lembab dan berbau tidak enak, keluargaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Februari 2019
Keramik Bekas, Indahnya Terus Membekas
KOMPAS.com - Memasang keramik untuk lantai dengan pola grid sudah biasa. Bagaimana jika Anda sedikit berimprovisasi dengan menggunakan pecahan keramik sisa?Bahan untuk mempercantik lantai kali ini bukan dari keramik mozaik, melainkan potongan keramik yang disusun ulang sehingga membentuk mozaik. Potongan keramik ini benar-benar limbah atau sisa pakai proyek. Jadi, adaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 11 Februari 2019
Cara Anda Mengatur Kamar Tidur Pengaruhi Keberuntungan Tahun Ini
KOMPAS.com – Selebrasi hari raya Imlek 2019 atau tahun baru China 2570 ini juga bisa dijadikan momen untuk merencanakan hidup Anda agar mendapatkan lebih banyak rezeki dan keberuntungan. Bagi Anda yang memercayai Feng Shui, kualitas dan tata ruang rumah perlu mendapat perhatian. Begitu pula dengan kamar tidur. Anda bisa mengubah danBaca Selengkapnya