(0)

Keramik Bekas, Indahnya Terus Membekas
Info Terbaru | 18 Februari 2019

KOMPAS.com - Memasang keramik untuk lantai dengan pola grid sudah biasa. Bagaimana jika Anda sedikit berimprovisasi dengan menggunakan pecahan keramik sisa?

Bahan untuk mempercantik lantai kali ini bukan dari keramik mozaik, melainkan potongan keramik yang disusun ulang sehingga membentuk mozaik. Potongan keramik ini benar-benar limbah atau sisa pakai proyek. Jadi, ada unsur penghematan dan ramah lingkungan disini.

Untuk mendapatkan keramik sisa, Anda dapat mendatangi proyek rumah dan menanyakan soal limbah keramik bila masih ada. Cara lainnya, Anda dapat datang ke toko bangunan yang menjual keramik sisa akibat cacat produksi.

Tentu, alangkah serunya bila potongan keramik yang Anda koleksi terdiri dari warna dan corak berbeda. Maka, hasilnya nanti bakal lebih unik dan berkarakter.

Kemudian, saat pembuatannya, Anda bisa memulainya dengan menggambar pola-pola yang Anda inginkan pada sebuah kertas. Lalu, gambar pola tersebut pada lantai yang hendak dipasangi keramik sisa.

Selanjutnya, tuangkan adonan semen di atas pola, kemudian susun keramik di atasnya. Supaya semen tidak cepat mengering, tuangkan semen secara bertahap dengan kelipatan 1 meter persegi. Pilihan semen instan lebih baik karena memiliki waktu kering sampai 30 menit. Waktu ini bisa Anda manfaatkan untuk menyesuaikan dan mengolah potongan keramik sisa.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 25 Maret 2019
Tips Praktis Memulai Bisnis Sewa Apartemen
JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat urban perkotaan, tinggal disebuah apartemen menjadi pilihan utama. Lokasi yang strategis serta didukung dengan kelengkapan fasilitas, membuat tinggal di hunian vertikal merupakan keputusan yang logis.    Kondisi ini pun akhirnya dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan oleh para investor properti. Mereka berlomba membeli unit apartemen untuk kemudian disewakan kembali demiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 25 Maret 2019
Kenali Tanda Tanaman Hias Anda Harus Diganti
KOMPAS.com - Tanaman hias yang kini populer perlu ditanam kembali setiap satu atau dua tahun agar tetap kuat dan sehat. Banyak dari tanaman ini tumbuh secara alami di hutan hujan. Setelah diletakkan di dalam pot, ruang yang ada semakin lama akan membatasi gerak akar tanaman. Untuk itu beberapa tanaman mungkin perluBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Maret 2019
Tips Mengecat Dinding Berpola
JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat bukan sekadar perkara mewarnai dinding. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa mendapatkan dinding berpola. Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (17/3/2019), AkzoNobel memberikan tips mengecat dinding rumah dengan pola dan beragam warna yang berbeda. Salah satu pola yang paling mudah adalah pola sarang lebah. Pola ini dapat disesuaikanBaca Selengkapnya