(0)

Sebagai Investasi, Inilah Kelebihan Apartemen.
Info Terbaru | 25 Februari 2019

KOMPAS.com- Hunian vertikal yang disewakan untuk tinggal seperti apartemen memiliki banyak kelebihan dibandingkan investasi properti lainnya. Setidaknya ada empat kelebihan utama dimiliki oleh apartemen.

Pengamat properti Panangian Simanungkalit dalam bukunya "Rahasia Menjadi Miliarder Properti" mengatakan, kelebihan pertama investasi apartemen adalah tingginya tingkat permintaan. Apalagi, bila lokasinya berada di area central business district(CBD), kawasan permukiman ekspatriat, dan lingkungan kampus.

Lingkungan CBD di Jakarta saat ini memiliki tiga jalan utama, yakni Jalan Sudirman - Thamrin, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan HR Rasuna Said. Sementara kawasan ekspatriat seperti Kemang, Jakarta Selatan, dan untuk kawasan dengan banyak kampus seperti di Jalan S. Parman, Jakarta Barat.

Kelebihan berinvestasi apartemen lainnya adalah jangka waktu sewanya menengah atau sekitar 2 - 3 tahun. Biasanya, apartemen untuk sewa dipilih yang memiliki lokasi kegiatan dekat dengan lokasi kerja. Dengan demikian, jangka waktu sewanya sekitar dua sampai tiga tahun.

Selain itu, risiko kekosongan apartemen terbilang rendah. Apalagi, jika hal itu didukung lokasinya yang nyaman sebagai tempat tinggal. Hal ini tentu membuat penyewa betah dan terus menempati apartemen tersebut. Di sisi lain, karena pergeseran kebutuhan, banyak orang mencari unit apartemen kosong untuk disewakan.

Kelebihan terakhir, apartemen memiliki capital ratetinggi sekitar 7% - 10%. Dengan risiko kekosongan unit rendah, maka pendapatan yang datang dari biaya sewa jadi lancar. Ini membuat capital rate-nya tinggi dibandingkan investasi properti seperti rumah sewa, ruko atau rukan.


Sumber : properti.kompas.com


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 25 Maret 2019
Tips Praktis Memulai Bisnis Sewa Apartemen
JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat urban perkotaan, tinggal disebuah apartemen menjadi pilihan utama. Lokasi yang strategis serta didukung dengan kelengkapan fasilitas, membuat tinggal di hunian vertikal merupakan keputusan yang logis.    Kondisi ini pun akhirnya dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan oleh para investor properti. Mereka berlomba membeli unit apartemen untuk kemudian disewakan kembali demiBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 25 Maret 2019
Kenali Tanda Tanaman Hias Anda Harus Diganti
KOMPAS.com - Tanaman hias yang kini populer perlu ditanam kembali setiap satu atau dua tahun agar tetap kuat dan sehat. Banyak dari tanaman ini tumbuh secara alami di hutan hujan. Setelah diletakkan di dalam pot, ruang yang ada semakin lama akan membatasi gerak akar tanaman. Untuk itu beberapa tanaman mungkin perluBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 18 Maret 2019
Tips Mengecat Dinding Berpola
JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat bukan sekadar perkara mewarnai dinding. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa mendapatkan dinding berpola. Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (17/3/2019), AkzoNobel memberikan tips mengecat dinding rumah dengan pola dan beragam warna yang berbeda. Salah satu pola yang paling mudah adalah pola sarang lebah. Pola ini dapat disesuaikanBaca Selengkapnya